Meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia


        
           Pendidikan sangat di butuhkan dalam kehidupan, bahkan dahulu sebelum kemerdekaan Indonesia pendidikan di jadikan sebagai ujung tombak oleh Raden Ajeng Kartini untuk mengawali pembebasan. Karna dahulu masyarakat kita terjajah di karnakan kurangnya pengetahuan. Dan sampai sekarang pendidikan semakin di kembangkan baik di desa maupun di kota karna untuk mencerdaskan bangsa dapat tertuang dengan adanya pendidikan. Namun yang menjadi permasalahan saat ini pendidikan di indonesia belum mempuni untuk bersaing di rancah internasional. Padahal dulu negara malaysia mendatangkan tenaga kerja pendidik dari indonesia. Lalu apa yang terjadi pada pendidikan saat ini?

            Menilai dari permasalahan di atas maka perubahan sangatlah di perlukan. Dan  untuk membuat perubahan perlu adanya peningkatan essensi dalam pendidikan. Untuk mewujudkan peningkatan ini maka di perlukan hal Pertama, apa saja faktor yang menjadi permasalahan? Kedua, apa yang harus di upayakan untuk mengatasinya?. 

Dari kedua cara nalar di atas maka kita dapatkan beberapa poin  yang telah  melatarbelakangi  dari peningkatan Pendidikan. Faktor-faktor tersebut antara lain:

a.       Dari segi Kualitas Guru, faktor satu ini perlu di kembangkan dahulu untuk peningkatan pendidikan karna pemimpin di masa yang akan datang tergantung dari kualitas guru sekarang. Jika kualitas guru saja rendah maka bagaimana hasil didikannya akan tumbuh merekah. Maka dari sini perlu adanya pembinaan untuk  guru sehingga tercipta pendidikan yang di harapkan.

b.      Sarana dan Prasarana, faktor satu ini di butuhkan untuk meningkatkan pendidikan karna layaknya adonan bagaimana ia akan jadi jika alat-alatnya tidak, maka pendidikanpun sangat butuh  fasilitas. Dan apalagi yang terjadi sekarang adalah pendidikan banyak menggunakan teknologi sehingga sarana dan prasarana di butuhkan untuk peningkatan pendidikan di Indonesia.

c.       Kurikulum, dalam pendidikan kurikulum sangat di perlukan karna merupakan sebagai  acuan yang harus dicapai dalam pendidikan. Namun yang terjadi sekarang adalah ketidak sinambungan dalam pemerataan kurikulum baik di desa maupun di kota, karna berbedanya situasi dan kondisi maka perlu adanya penyesuaian kurikulum sehingga peningkatan pendidikan baik di desa dan kota tercapai.

 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Essay Ke PMII-an

Strategi Pengembangan Kader- Artikel PKL-I PMII Sampang

Tipe tipe orang bertanya